KEKURANGAN
DAN KELEBIHAN MEDIA PEMBELAJARAN :
AUDIO
Kelebihan:
- Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
- Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
- Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
- Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
- Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
- Dapat menggantikan Guru dengan lebih baik, misalnya menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam mengajar tergantikan.
- Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari segi ilmiah maupun metodis. Ini mengingat Guru kita terkadang jarang mempunyai waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.
- Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya siaran – siaran yang aktual itu dapat memberikan kesegaran pada sebagian besar topik.
- Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
- Merupakan peralatan yang sangat murah dan lumrah sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.
- Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga isi pesan dapat berada ditempat secara bersamaan.
- Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian hari
- Rekaman dapat digunakan sendiri sebagai alat diagnosis guna untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca, mengaji dan berpidato.
Dalam pengoperasiannya relatif sangat mudah.
- Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
- Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
- Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
- Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
- Dapat menggantikan Guru dengan lebih baik, misalnya menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam mengajar tergantikan.
- Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari segi ilmiah maupun metodis. Ini mengingat Guru kita terkadang jarang mempunyai waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.
- Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya siaran – siaran yang aktual itu dapat memberikan kesegaran pada sebagian besar topik.
- Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
- Merupakan peralatan yang sangat murah dan lumrah sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.
- Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga isi pesan dapat berada ditempat secara bersamaan.
- Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian hari
- Rekaman dapat digunakan sendiri sebagai alat diagnosis guna untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca, mengaji dan berpidato.
Dalam pengoperasiannya relatif sangat mudah.
Kekurangan:
- Dalam suatu
rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atau
informasi tersebut berada ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape
tidak memiliki angka – angka penentuan putaran.
- Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.
- Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus.
- Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.
- Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus.
- Media Audio yang menampilkan symbol digit dan analog dalam bentuk auditif
adalah abstrak, sehingga pada hal – hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman
visual.
- Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata – kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
- Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.
- Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata – kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
- Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.
VISUAL
Kelebihan :
- Repeatable, dapat dibaca berkali-kali denga menyimpannya atau mengelipingnya.
- Analisa lebih tajam,dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan:
- Lambat, dan kurang praktis
- Tidak adanya audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar sehingga kurang mendetail materi yang disampaikan.
- Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
- Produksi, biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat.
- Repeatable, dapat dibaca berkali-kali denga menyimpannya atau mengelipingnya.
- Analisa lebih tajam,dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan:
- Lambat, dan kurang praktis
- Tidak adanya audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar sehingga kurang mendetail materi yang disampaikan.
- Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
- Produksi, biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat.
AUDIO DAN VISUAL
Kelebihan :
- Lebih efektif dalam menerima pembelajaran karena dapat melayani gaya bahasa siswa auditif maupun visual
- Dapat memberikan pengalaman nyata lebih dari yang disampaikan media audio maupun visual.
- Siswa akan lebih cepat mengerti karena mendengarkan disertai melihat langsung, sehingga tidak hanya membayangkan.
- Lebih menarik dan menyenangkan menggunakan media audio visual.
Kekurangan :
- Pembuatan media audio visual memerlukan waktu yang lama, karena memadukan 2 elemen yakni audio dan visual.
- Membutuhkan ketrampilan dan ketelitian dalam pembuatannya
- Biaya yang digunakan dalam pembuatan media audio visual cukup mahal.
- Jika tidak terdapat piranti pembuatannya akan sulit untuk membuatnya(terbentur alat pembuatannya)
Kelebihan :
- Lebih efektif dalam menerima pembelajaran karena dapat melayani gaya bahasa siswa auditif maupun visual
- Dapat memberikan pengalaman nyata lebih dari yang disampaikan media audio maupun visual.
- Siswa akan lebih cepat mengerti karena mendengarkan disertai melihat langsung, sehingga tidak hanya membayangkan.
- Lebih menarik dan menyenangkan menggunakan media audio visual.
Kekurangan :
- Pembuatan media audio visual memerlukan waktu yang lama, karena memadukan 2 elemen yakni audio dan visual.
- Membutuhkan ketrampilan dan ketelitian dalam pembuatannya
- Biaya yang digunakan dalam pembuatan media audio visual cukup mahal.
- Jika tidak terdapat piranti pembuatannya akan sulit untuk membuatnya(terbentur alat pembuatannya)
MULTIMEDIA
Kelebihan :
- Sistem
pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
- Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berlangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
- Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berlangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
- Mampu
menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video
dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan
pembelajaran.
- Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak
- Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak
- Media
penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
- Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
- Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
- Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang
Kekurangan :
- Biaya relative mahal untuk tahap awal
- Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan
- Belum memadainya perhatian dari pemerintah
- Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu
- Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
- Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
- Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang
Kekurangan :
- Biaya relative mahal untuk tahap awal
- Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan
- Belum memadainya perhatian dari pemerintah
- Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu
REALLIA
Kelebihan :
- Dapat membantu guru dalam menjelaskan sesuatu kepada peserta didik
- Dapat membantu guru dalam menjelaskan sesuatu kepada peserta didik
- Dapat memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mempelajari situasi yang nyata
- Dapat melatih keterampilan siswa
menggunakan alat indra
Kelemahan :
- Membawa siswa ke berbagai tempat di luar sekolah, kadang-kadang mengandung resiko dalam bentuk kecelakaan dan sejenisnya
- Membawa siswa ke berbagai tempat di luar sekolah, kadang-kadang mengandung resiko dalam bentuk kecelakaan dan sejenisnya
- Biaya yang diperlukan untuk
mengadakan berbagai obyek nyata kadang-kadang tidak sedikit apalagi kemungkinan
kerusakan dalam menggunakannya
- Tidak selalu memberikan
gambaran dari obyek yang seharusnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar